Fitur Mode Gelap terbaru dari Google Chrome

Awal tahun ini, Google dilaporkan tengah menggarap fitur mode gelap (dark mode) untuk peramban miliknya di ponsel berbasis Android. Kini, fitur tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna Google Chrome di ponsel yang menjalankan sistem operasi Android.

Patut diketahui bahwa Google Chrome yang kamu miliki harus berada pada versi 74 ke atas untuk bisa menikmati fitur ini. Untuk amannya, langsung saja update ke versi terbarunya di Google Play Store.

Ada beberapa tahap yang dibutuhkan untuk mengaktifkan mode gelap tersebut. Berikut langkah-langkahnya

  • Buka aplikasi Google Chrome
  • Ketik “chrome://flags” pada bagian pencarian, lalu tekan enter
  • Ketik “Android Chrome UI dark mode” pada kolom pencarian di dalam Google Chrome Flag, lalu tekan enter
  • Ubah pengaturan pada “Android Chrome UI dark mode” dari default menjadi enabled
  • Buka ulang aplikasi Google Chrome
  • Masuk ke bagian pengaturan, lalu aktifkan fitur mode gelap

Harus diakui, langkah-langkah yang harus dilakukan cukup panjang untuk sekadar membuat tampilan peramban ini menjadi gelap. Hal ini lantaran dark mode pada Google Chrome untuk ponsel berbasis Android ini belum final.

Bahkan, mode ini sepertinya hanya menghitamkan tampilan utama dan pengaturannya saja. Saat masuk ke hasil pencarian, tampilannya sudah putih bersih lagi, dengan hanya tab URL hanya masih hitam.

Sedangkan ketika masuk ke sebuah situs, warna tab URL-nya langsung menyesuaikan nuansa pada website tujuan. Hanya bagian pengaturan yang masih berwarna hitam.

Mungkin ada baiknya jika kita menunggu versi final dari dark mode ini benar-benar dirilis oleh Google. Bisa jadi, mereka akan benar-benar menggulirkannya berbarengan dengan pengumuman kemunculan Android Q nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *