FIFA 20 Vs PES 2020, Lebih Worth Mana untuk Dimainkan?

Berbicara masalah Play Station tidak bisa dilepaskan dari persaingan EA Sports dan KONAMI. EA Sports dengan FIFA nya selalu bersaing Pro Evolution Soccer (PES) dari KONAMI. Keduanya memiliki fans masing-masing. Bagi pecinta Play Station, tentu kalian sudah tidak sabar untuk menyambut persaingan baru mereka. FIFA 20 yang akan dirilis September tahun 2019 siap bersaing kembali dengan PES 2020. Lalu, mana yang lebih worth dari keduanya untuk dimainkan?

Rivalitas FIFA 20 dan PES 2020

FIFA dan PES sudah bersaing di sejak lama. Keduanya saling bergantian mengambil hati para pecinta Play Station. FIFA yang lebih dikenal dengan grafiknya beradu dengan PES yang lebih menonjolkan gameplay. Namun, belakangan FIFA sudah memperbaiki sisi kelemahannya perlahan-lahan sehingga baik grafik maupun gameplaynya semakin baik. Di sisi lain, PES banyak mengalami penurunan popularitas, bahkan bisa dibilang cukup drastis. Bagaimana dengan FIFA dan PES terbaru?

Melihat persaingan tahun lalu, kita semua sepakat kalau FIFA 19 unggul telak dibanding PES 2019. Hampir semua lisensi negara dan klub direbutnya setelah beberapa tahun sebelumnya dikuasai PES. Belum lama ini, baik FIFA maupun PES sama-sama membocorkan fitur yang akan dibawakannya pada versi terbaru mereka melalui video trailer masing-masing.

Lisensi FIFA 20 VS PES 2020

PES 2020 akan lebih memanjakan penggemar Barcelona. Namun, sayangnya ini justru terlihat pilih kasih sehingga penggemar klub lain justru kemungkinan besar akan berpindah ke lain hari, yaitu FIFA. Di sisi lain, FIFA 20 memang kehilangan lisensi untuk klub-klub besar seperti Bayern Munchen dan Juventus, akan tetapi ia masih terikat kontrak eksklusif dengan UEFA terkait UCL. Pada aspek ini, FIFA dan PES memiliki keunggulan masing-masing.

FIFA Street (FIFA 20) Vs Become a Legend (PES 2020)

Bagi kalian yang kangen dengan mode sepak bola jalanan, FIFA akan kembali menghadirkannya tahun ini. FIFA Street siap mengobati rasa rindu akan mode sepak bola jalanan yang sudah lama tenggelam. Mode baru ini akan diberi nama Volta Football. Di sisi lain, PES memiliki mode Become a Legend. Namun, Volta Story Mode nampaknya akan lebih seru dengan berbagai fitur yang keren dan unik.

Gameplai FIFA 20 Vs PES 2020

Di sisi gameplay, PES yang biasanya dikenal lebih unggul dari FIFA mungkin tak akan bisa tenang lagi. Tahun ini, FIFA mengembangkan banyak hal teknis dalam gameplay. Misalnya adalah pengendalian bola semakin terlihat realistis. Selain itu, kalian juga bisa melakukan trik-trik baru dalam game FIFA terbaru ini. Tak hanya itu, AI game juga dikembangkan dengan pesat yang membuat permainan lebih menantang dan tentu saja realistis. Kalian bisa merasakan kontrol manual pemain yang lebih signifikan.

Kesimpulan

Dari perbandingan di atas, cukup sulit untuk memilih mana yang lebih baik. Namun, FIFA nampaknya akan kembali unggul atas PES. Jika PES 2020 fokus mengembangkan berbagai fitur lama, lain halnya dengan FIFA yang menyajikan banyak fitur baru agar semakin menarik. Poin-poin plus yang sebelumnya sudah dimiliki pun juga tak lupa untuk dikembangkan lagi. Dari segi lisensi yang dimiliki, FIFA juga lebih unggul. Itulah kenapa FIFA 20 yang akan dirilis resmi untuk platform PC, XBOX ONE, dan PS4 tanggal 27 September 2019 ini lebih rekomended untuk dimainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *