Cara Tepat untuk Mengatasi Kutu Air

Kutu air di telapak kaki dan sela-sela jari kaki tentu sangat mengganggu kegiatan sehari-hari. Bagaimana tidak, kondisi ini membuat kaki merasa tidak nyaman dan terasa gatal.

Kutu air ternyata tidak disebabkan oleh kutu, melainkan disebabkan oleh jamur kulit yang menimbulkan ruam pada kulit di antara jari kaki atau telapak kaki. Saat terkena kutu air, area yang terinfeksi biasanya terlihat memutih, kering, kemerahan, pecah-pecah, gatal dan melepuh.

Kondisi yang meningkatkan risiko munculnya kutu air adalah kaki yang lembap yang merupakan kondisi favorit bagi jamur untuk tumbuh. Tidak heran jika banyak kasus kutu air yang ditemukan saat musim hujan karena jalanan yang becek bisa membuat air masuk ke dalam sepatu.

Tapi, tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk mengobati kutu air secara alami dan tradisional yang bisa kalian coba di rumah. Berikut adalah delapan cara alami untuk mengobati kutu air seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

  • Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya saat ini banyak ditemukan dan ternyata bisa digunakan untuk mengobati kutu air. Hal ini karena gel lidah buaya bersifat antiseptik dan anti inflamasi yang berguna untuk membantu memperbaiki kulit yang luka. Untuk menggunakannya, oleskan gel lidah buaya di daerah kulit yang terkena kutu air secara merata.

  • Larutan Cuka

Kandungan asam asetat yang dimiliki cuka diyakini memiliki sifat anti jamur. Untuk memanfaatkannya, campurkan satu cangkir cuka dengan dua gelas air. Lalu rendam kaki yang telah dibersihkan dalam larutan tersebut.

  • Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang memiliki sifat anti jamur sehingga bisa mengatasi kutu air di telapak kaki. Caranya dengan menyeduh teh hijau dan merendam kaki kalian dalam larutan tersebut.

  • Kayu Manis

Kayu manis dipercaya dapat memberantas jamur yang menyebabkan kutu air di kaki. Caranya dengan merendam beberapa batang kayu manis dalam air panas, kemudian rendam kaki kalian selama beberapa menit.

  • Bawang Putih

Cara alami dan tradisional lainnya untuk menghilangkan kutu air adalah dengan bawang putih. Tambahkan tiga hingga empat siung bawang putih yang telah dipotong-potong di dalam air. Setelah itu rendam kaki selama 30 menit.

  • Garam

Garam memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang tinggi, sehingga bisa mengobati dan mencegah penyebaran kutu air. Caranya dengan melarutkan satu cangkir garam ke dalam air hangat dan rendam kaki dalam larutan tersebut selama 20 menit.

  • Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam juga bisa digunakan untuk mengobati kutu air secara alami karena kandungan asam tannic-nya. Caranya dengan rendam enam kantung teh hitam dalam satu liter air hangat kemudian rendam kaki kalian selama beberapa menit.

  • Lemon

Lemon dipercaya dapat membunuh bakteri dan jamur yang ada di kaki. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan perasan lemon yang sudah dicampur dengan air menggunakan kapas di area yang terkena kutu air. Lakukan metode ini beberapa kali dalam sehari.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan beberapa cara agar terhindar dari kutu air yang membandel dan mencegahnya datang kembali dengan metode berikut:

  • Menjaga kebersihan kaki
  • Mengganti kaus kaki secara rutin
  • Gunakan sepatu berbahan alami
  • Jangan gunakan pelembap di kaki
  • Gunakan bedak di kaki agar tidak lembap
  • Gunakan alas kaki saat berolahraga.

Perlu diingat jika kalian terkena kutu air yang sudah parah dan membandel, sebaiknya kalian langsung berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *