Cara Sewa Apartemen Bulanan yang Praktis

Sewa apartemen bulanan kini menjadi salah satu kebutuhan tempat tinggal, khususnya bagi mereka yang memerlukan akomodasi selama beberapa minggu atau bulan di suatu kota atau tempat. Biasanya masyarakat yang sedang berada di kota besar, baik untuk urusan bisnis atau lainnya akan mencari tempat tinggal sementara yang bagus dan nyaman. Apalagi sedang berada di kota besar, sewa hunian seperti apartemen yang dicari adalah yang berada di lokasi strategis atau di pusat kota. Hunian sewa tersebut akan memudahkan akses menuju ke berbagai tempat untuk banyak keperluan. Tidak jauh berbeda dengan sewa hunian lain, sewa  unit apartemen bulanan dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut.

  • Menghubungi penyewa langsung 

Penyewaan apartemen bulanan dapat dilakukan dengan langsung menghubungi penyedia apartemen. Sekarang ini ada penyedia sewa unit apartemen yang menyediakan website untuk masyarakat menyewa apartemen bulanan. Jadi calon penyewa bisa dengan mudah mencari dan memesan apartemen secara online. Namun perlu diingat untuk tidak sembarangan memilih website atau penyewaan apartemen bulanan. 

Menyewa hunian umumnya dilakukan untuk tempat tinggal yang bersifat sementara. Masyarakat kini bisa menyewa apartemen bulanan dan menikmati beberapa keuntungan. Salah satunya adalah tempat atau hunian yang nyaman dan lebih private. Menyewa apartemen di lokasi strategis adalah pilihan akomodasi yang ideal bagi masyarakat zaman sekarang. Umumnya apartemen menawarkan hunian yang bagus dan tertata dengan baik. 

Penyewaan unit-unit apartemen dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bisa beristirahat dengan nyaman. Istirahat yang berkualitas tersebut juga bagus untuk tubuh sehingga akan lebih fit dan siap untuk melakukan berbagai aktivitas di siang harinya. Tidak hanya nyaman, menyewa satu unit apartemen juga memberikan keuntungan lain yaitu tempat yang lebih private. Walaupun hanya beberapa minggu atau bulan, tinggal di apartemen sewa akan menyenangkan karena serasa tinggal di rumah sendiri.

  • Menanyakan ketersediaan unit

Sebelum menyewa tentunya perlu untuk menanyakan terlebih dahulu mengenai ketersediaan unit apartemen sewa. Walaupun sepele, hal ini menjadi bagian dari tahapan menyewa apartemen bulanan. Terlebih lagi bagi masyarakat yang memiliki selera tertentu, penting untuk menanyakan ketersediaan unit dengan tipe dan fasilitas yang sesuai kebutuhan. 

Kebutuhan penyewaan hunian sekelas apartemen ini semakin tinggi, mengingat tren masyarakat dan juga keunggulannya. Keuntungan menyewa apartemen bulanan  lainnya adalah Keamanan yang lebih terjamin. Keuntungan menyewa apartemen bulanan adalah mendapatkan hunian sementara dengan keamanan yang lebih terjaga. Hunian vertikal ini umumnya memiliki petugas dan sistem yang menjamin keamanan selama 24 jam. 

Adanya petugas keamanan yang biasanya melakukan kontrol menjadi keunggulan dari sistem penjagaan di apartemen. Pemasangan kamera pengawas atau CCTV juga memaksimalkan penjagaan lingkungan apartemen demi kenyamanan semua penghuninya. Menyewa sebuah unit apartemen adalah pilihan tepat, terlebih lagi di kota-kota besar yang rawan akan kejahatan atau tindakan kriminalitas. 

  • Memberikan uang muka

Pemesanan unit apartemen dapat dilakukan secara online atau sesuai dengan ketentuan masing-masing penyedia unit apartemen sewa. Banyak dari penyedia apartemen ini, khususnya perorangan yang mengharuskan adanya pembayaran uang muka atau down payment. Besarnya uang muka bisa berbeda-beda atau sekitar 50 persen dari tarif sewa yang disepakati. Sebelum membayar uang muka, pastikan unit yang akan ditempati sudah sesuai dengan kebutuhan. 

  • Membayar uang sewa

Uang sewa biasanya terdiri dari harga sewa unit ditambah dengan biaya asuransi. Asuransi yang dimaksud adalah untuk biaya apabila terjadi kerusakan atau kunci yang hilang. Biaya tersebut sudah menjadi hal lumrah yang banyak diterapkan oleh penyedia unit apartemen yang disewakan. Total biaya sewa dapat dilunasi sesuai dengan kesepakatan. Namun kebanyakan penyedia apartemen sewa akan meminta pelunasan saat serah terima kunci. Pembayaran bisa secara langsung, via transfer, maupun alternatif lain yang disetujui bersama. 

Biaya sewa untuk apartemen sebenarnya cukup hemat dan praktis. Beberapa masyarakat pun kini beralih ke apartemen sebagai pilihan hunian. Hal tersebut biasanya dilakukan karena ada pelayanan dan fasilitas yang kurang memuaskan di hunian sewa sebelumnya. Biaya untuk penyewaan umumnya sepadan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Selain itu, menyewa unit apartemen juga bisa lebih ekonomis dan efisien. 

Lokasi apartemen yang strategis dapat mengurangi waktu dan biaya perjalanan menuju ke tempat kerja atau bisnis. Kebanyakan apartemen di kota-kota besar yang disewakan berada di pusat bisnis dan memiliki aksesibilitas yang lebih baik. Ditambah lagi dengan fasilitas apartemen yang membuat tinggal di hunian vertikal semakin nyaman, tidak heran jika apartemen bisa menjadi pilihan tepat.

  • Menyiapkan dokumen identitas 

Hampir sama seperti menyewa hunian lain, sewa unit apartemen bulanan juga dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan masing-masing penyedia sewa. Salah satu standar prosedur yang diterapkan di berbagai jasa penyewaan apartemen adalah memberikan dokumen identitas diri. Dokumen untuk tanda pengenal yang paling umum diminta adalah fotokopi KTP yang masih berlaku.  Dokumen berupa fotokopi KTP tersebut diperlukan untuk memastikan siapa yang bertanggung jawab terhadap segala hal yang berkaitan dengan penyewaan unit apartemen dari pemesanan hingga proses sewa berakhir. 

  • Memastikan kondisi unit

Untuk menyewa apartemen di kota-kota besar tentu tidak sulit. Namun perlu diingat bahwa setiap penyedia sewa memiliki unit apartemen dengan kondisi yang berbeda-beda, walaupun pemeliharaan apartemen biasanya sudah terkelola dengan baik. Menyewa apartemen akan lebih baik jika dilakukan melalui proses serah terima kunci. Jadi pihak yang berkaitan bisa langsung menyampaikan semua yang dibutuhkan. Sebelum diberikan unit sewa, jangan lupa untuk memastikan kondisi di dalam apartemen ada kerusakan atau tidak. Hal tersebut menjadi langkah antisipasi apabila nanti ada klaim kerusakan saat masa sewa sudah habis. Jika dalam masa sewa menimbulkan kerusakan yang berarti, maka biaya asuransi tidak akan dikembalikan.

  • Mematuhi peraturan yang berlaku 

Menjaga ketertiban adalah ketentuan umum yang wajib dipatuhi oleh semua penghuni apartemen. Hormati privasi setiap penghuni yang berada di dalam lingkungan apartemen. Walaupun tidak saling kenal, setiap penghuni apartemen sebaiknya bisa saling menjaga kenyamanan selama tinggal di lingkungan yang sama tersebut. Apalagi kebanyakan orang yang memilih apartemen adalah mereka yang menginginkan ruang privasi tanpa ada gangguan dari penghuni apartemen lain.

  • Menyewa dengan tertib 

Apabila masa sewa sudah habis, maka perlu untuk bersiap-siap meninggalkan unit dengan tertib. Jika Anda ternyata membutuhkan tambahan masa sewa, maka segera hubungi pihak terkait untuk memesan kembali unit tersebut. Apalagi sekarang ini memesan apartemen untuk disewa sudah sangat mudah melalui beberapa situs pemesanan sewa  unit apartemen online terbaik. Beragam properti tersedia dengan banyak unit yang seharga dengan kamar hotel. Situs ini menyediakan apartemen pilihan yang dikelola secara profesional untuk kebutuhan penyewaan unit apartemen bagi semua masyarakat. Menyewa apartemen bulanan kini semakin mudah dan praktis. 

Sebenarnya tidak ada ketentuan yang terlalu ribet untuk menyewa apartemen bulanan. Ketentuan mengenai sewa apartemen biasanya diberlakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *