Bingung diJakarta mau ngapain? kuliner ayo !

Meskipun tak semua orang pergi mudik lebaran ke kampung halaman, ada banyak orang yang tetap tinggal di ibukota atau DKI Jakarta. Mereka memanfaatkan sepinya kota Jakarta untuk liburan keliling kota Jakarta. Mereka jalan –jalan ke tempat wisata seperti kota tua, monas, taman impian jaya ancol atau jalan-jalan keliling mall. Ada juga yang memanfaatkan sepi nya Jakarta untuk menjajal kuliner asli Betawi. Nah, sembari mencari apa saja kuliner Betawi yang patut untuk kalian cicipi, mending sambil mencari tiket mudik lebaran 2019 karena Mister Aladin masih menyediakan tiket mudik lebaran 2019 bagi yang ingin pergi dari ibukota. Kembali ke topik utama, nih yang mau kulineran di Jakarta ada beberapa menu yang wajib kamu coba dan jangan sampai kudet tidak tahu makanan Betawi yang mungkin tidak semua orang tahu!

  1. Rujak Mie Juhi
    Jalan-Jalan di Jakarta, Enaknya Ngapain Ya? Kulineran!
    Kuliner rujak mie juhi merupakan makanan asimilasi dari budaya Batavia tempo dulu dengan kuliner asal Tiongkok. Asal terbentuknya rujak mie juhi itu terinspirasi dari orang-orang Tiongkok yang menggemari makan mie dicampur dengan cuka asam. Juhi itu ialah cumi-cumi atau sotong yang telah mengalami fermentasi dan dikeringkan. Seporsi rujak berisi sotong kering, selada, mie telur, kentang goreng, dan saus kacang. Cara memakannya saus kacang disiram keatas mie yang dicampur jadi satu dengan potongan sayur selada.
  2. Sayur Besan
    Jalan-Jalan di Jakarta, Enaknya Ngapain Ya? Kulineran!
    Kenapa dinamai sayur besan? Karena memiliki makna pernikahan. Menu ini dianggap sebagai lambang penghormatan kepada orang tua mempelai dan sering dihidangkan pada saat acara pernikahan.Namun, Sayur besan sudah jarang ditemui di wilayah Jakarta hanya bisa menikmati sayur besan di dalam upacara adat atau pernikahan saja. Sayur besan berbahan dasar yang mempunyai nama latin Saccharum edule Hasskarl termasuk jenis bunga, tanamannya mirip dengan tebu atau masyarakat kerap menyebutnya dengan telur terubuk dan dimasak dengan kuah santan gurih.
  3. Soto Betawi
    Jalan-Jalan di Jakarta, Enaknya Ngapain Ya? Kulineran!
    Soto Betawi merupakan soto yang berasal dari Jakarta, soto ini memiliki perbedaan dengan soto pada umumnya terutama di kuah yang bersantan atau diberi susu sapi, tidak bening kuahnya, berwarna putih. Rasa kuahnya gurih karena diberi aneka bumbu seperti bawang merah, jahe, daun salam, serai dan cengkeh. Isi di dalam soto ini terdapat daging sapi juga jeroan, mata, terpedo dan hati.
  4. Kerak Telur
    Jalan-Jalan di Jakarta, Enaknya Ngapain Ya? Kulineran!
    Kerak telur merupakan omletnya Jakarta yang dibuat dari beras ketan putih yang dicampur telur ayam atau telur bebek. Bahan-bahan itu dimasak sampai gosong hingga menjadi keras sesusai dengan namanya “kerak” diatas tungku tanah liat. Setelah matang, kerak telur diberi taburan yang terbuat dari kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam dan gula. Paduan dari bumbu-bumbu tersebut membuat kerak telur yang sudah siap makan menjadi lebih lezat dan menarik untuk dicicipi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *